Solusi Untuk Menyelesaikan Masalah Pergaulan Bebas

Solusi Untuk Menyelesaikan Masalah Pergaulan Bebas Kita semua mengetahui peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, penyaluranminat dan bakat secara positif merupakan hal-hal yang dapat membuat setiap orang mampumencapai kesuksesan hidup nantinya. Tetapi walaupun kata-kata tersebut sering ‘didengungkan’tetap saja masih banyak remaja yang melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya dilakukan. Selaindaripada solusi di atas masih banyak solusi lainnya. Solusi-solusi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memperbaiki cara pandang dengan mencoba bersikap optimis dan hidup dalam “kenyataan”,maksudnya sebaiknya remaja dididik dari kecil agar tidak memiliki angan-angan yang tidaksesuai dengan kemampuannya sehingga apabila remaja mendapatkan kekecewaan merekaakan mampu menanggapinya dengan positif.
  • Menjaga keseimbangan pola hidup. Yaitu perlunya remaja belajar disiplin dengan mengelolawaktu, emosi, energi serta pikiran dengan baik dan bermanfaat, misalnya mengatur waktu dalamkegiatan sehari-hari serta mengisi waktu luang dengan kegiatan positif 3. Jujur pada diri sendiri. Yaitu menyadari pada dasarnya tiap-tiap individu ingin yang terbaikuntuk diri masing-masing. Sehingga pergaulan bebas tersebut dapat dihindari. Jadi dengan iniremaja tidak menganiaya emosi dan diri mereka sendiri.
  • Jujur pada diri sendiri. Yaitu menyadari pada dasarnya tiap-tiap individu ingin yang terbaik untuk diri masing-masing. Sehingga pergaulan bebas tersebut dapat dihindari. Jadi dengan ini remaja tidak menganiaya emosi dan diri mereka sendiri.
  • Memperbaiki cara berkomunikasi dengan orang lain sehingga terbina hubungan baik dengan masyarakat, untuk memberikan batas diri terhadap kegiatan yang berdampak negatif dapat kita mulai dengan komunikasi yang baik dengan orang-orang di sekeliling kita.
  • Memperbaiki cara berkomunikasi dengan orang lain sehingga terbina hubungan baik denganmasyarakat, untuk memberikan batas diri terhadap kegiatan yang berdampak negatif dapat kitamulai dengan komunikasi yang baik dengan orang-orang di sekeliling kita.
  • Perlunya remaja berpikir untuk masa depan. Jarangnya remaja memikirkan masa depan. Seandainya tiap remaja mampu menanamkan pertanyaan “Apa yang akan terjadi pada diri saya nanti jika saya lalai dalam menyusun langkah untuk menjadi individu yang lebih baik?” kemudian hal itu diiringi dengan tindakan-tindakan positif untuk kemajuan diri para remaja. Dengan itu maka remaja-remaja akan berpikir panjang untuk melakukan hal-hal menyimpang dan akan berkurangnya jumlah remaja yang terkena HIV & AIDS nantinya.Selain usaha dari diri masing-masing sebenarnya pergaulan bebas dapat dikurangi apabila setiap orang tua dan anggota masyarakat ikut berperan aktif untuk memberikan motivasi positif dan memberikan sarana & prasarana yang dibutuhkan remaja dalam proses keremajaannya sehingga segalanya menjadi bermanfaat dalam kehidupan tiap remaja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: